Manfaat Bunga Bagi Manusia

Say it with flower. Istilah ini banyak kita ketahui digunakan oleh anak muda, untuk menyatakan cinta pada lawan jenis. Sering kali kita lihat dalam perayaan acara tertentu bunga selalu diikutsertakan sebagai penghias. Bunga adalah sesuatu yang indah. Bahkan seorang penyair ada yang mengatakan “Bunga adalah tawanya bumi”.

Bunga banyak memiliki kegunaan lain dalam dunia manusia sampai saat ini. Salah satunya adalah untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Kegunaan lain dari bunga antara lain sebagai makanan, untuk dijadikan hiasan, wangi-wangian dan masih banyak lagi.

Fungsi utama bunga bagi tumbuhan sendiri adalah sebagai alat perkembangbiakan. Dari bunga timbullah biji, yang nantinya akan menjadi bakal tumbuhan baru. Alat kelamin jantan dalam bunga adalah Benang Sari dan alat kelamin betina adalah Putik. Dalam proses penyerbukan ini dapat dibantu oleh serangga. Contohnya adalah kupu-kupu dan lebah. Untuk menarik serangga ini, bunga dilengkapi dengan mahkota bunga yang menarik dan adanya nektar. Nektar ini oleh lebah ini akan diolah lagi menjadi madu. Madu ini mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Untuk makanan yang penuh dengan nutrisi atau sebagai multivitamin alami, sebagai bahan tambahan makanan, dan juga untuk dunia pengobatan.

Ada beberapa jenis bunga yang dapat manusia makan. Yang mudah kita jumpai dalamkehidupan sehari-hari adalah brokoli dan kembang kol. Brokoli dan kembang kol ini adalah sayuran yang sebenarnya adalah bunga. Bunga lainnya yang biasa dijadikan makanan oleh orang Indonesia adalah jantung pisang dan bunga durian. Jantung pisang adalah bunga dari pohon pisang. Di Indonesia bagian timur seperti Manado ddn Flores, makanan ini cukup dikenal. Biasanya diolah dengan cara di tumis. Demikian pula bunga durian dapat biasa dimasak dengan cara ditumis.

Di negara lain seperti Jepang dan Korea, bunga juga dijadikan hidangan. Di negara Jepang, bunga krisan diolah dengan tepung tempura dan digoreng kemudian. Negara Korea dalam makanannya juga menggunakan bunga mentah yang dicampur dengan makanan mereka.

Dalam dunia barat, penggunaan bunga sebagai pengungkapan perasaan tertentu, sudah lama sekali dijalankan. Masa keemasannya adalah pada Era Victoria. Bahkan pada masa tersebut, kamus yang berkaitan dengan arti bunga banyak dimiliki oleh warga Eropa. Misalkan pemberian mawar berwarna putih berarti ” Saya ingin bersahabat dengamu.” Pemberian mawar kuning berarti “Aku ingin putus denganmu.”

Bunga adalah sesuatu yang indah. Banyak sekali orang yang kemudian memelihara bunga. Bunga dijadikan hiasan hidup di halaman rumah dan di dalam taman. Selain dalam keadaan hidup, bunga yang telah dipetik juga dijadikan sebagai hiasan di dalam acara perayaan. Dalam acara perkawinan, acara ulang tahun, bahkan acara kematian selalu mengikutsertakan bunga. Sekarang ini juga telah ada ilmu merangkai bunga yang dapat dijadikan profesi.

Selain keindahannya bunga dikagumi oleh manusia karena harumnya. Sejak jaman dulu bunga telah dijadikan salah satu bahan pembuat parfum. Bunga yang biasa dijadikan bahan pembuat parfum antara lain yaitu mawar, melati, agrimoni dan centaury.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s