Rangkaian Bunga Kontemporer

Merangkai bunga kini menjadi kegiatan yang semakin ngetren di kalangan ibu-ibu. Selain sebagai seni dan hobi, merangkai bunga ternyata juga bisa menjadi usaha yang mendatangkan uang.Melihat tingginya animo para ibu rumahtangga tersebut, baru-baru ini hotel Harris Tebet, Jakarta, menggelar workshop ‘Contemporary Flower Arrangement’. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan seputar rangkaian bunga kontemporer yang secara konsisten dipakai untuk mempercantik hotel atau rumah.

Konsep yang diusung dalam merangkai bunga ala hotel Harris tersebut adalah simpel, unik, dan friendly. Rangakaian bunga seperti itu cocok untuk kamar hotel, meja resepsionis, kafe, dan lobi hotel, serta kamar rumah. Warna pun menjadi pertimbangan dalam rangakaian bunga kontemporer tersebut.

Menurut Hengky Tambayong, direktur Pemasaran dan Penjualan hotel Harris, mereka memilih warna oranye dan hijau dalam merangakai bunga tersebut. Alasannya, karena warna oranye diyakini bisa membangkitkan spirit (energizing) di pagi hari, sementara hijau bersifat rileks di sore hari. ”Paduan warna ini mempercantik berbagai bagian mulai dari meja resepsionis, fungction rooms, lobi, kafe, serta seluruh kamar hotel,” katanya.

Nina Subiyanto, pengusaha florist dari Puri Sekar Asri Jakarta, menilai rangkaian bunga hotel Harris, memiliki karakteristik, yaitu simpel, modern, bersih dan tidak banyak ornamen, dan sebagian besar tidak menggunakan bantalan bunga. Dan yang terakhir, hampir seluruh rangakaian menggunakan vas bunga dari kaca. Ini untuk menunjukkan karakter alami bunga dan tanaman yang digunakan.

Jenis-jenis bunga yang digunakan dalam acara tersebut adalah bunga yang banyak didapat di tanah air. Namun, memilik karakter kuat dan yang lebih menonjol pada sentuhan feminim. Beberapa jenis bunga yang dipakai, antara lain garbera yang mempunyai fisik panjang, bersih dengan warna oranye yang cerah, serta anggrek tanah. Lainnya adalah chrisant, gladiol, papyrus, puma atau pompom, dan alang-alang.

Acara tersebut menawarkan tujuh macam rangakaian. Pertama, rangkaian bunga alang-alang yang dipadukan dengan bunga chrisant berwarna oranye kemerah-merahan. Dipajang dalam pot kaca bening silender dengan takaran air seperempat vasnya. Kedua, rangkaian chrisant dikombinasikan dengan bunga hiperikum yang berciri khas bunganya kecil-kecil kuning menggerombol. Rangkaian ini menggunakan vas silender kaca bening.

Ketiga, bunga bayam dipadukan dengan bunga ros ungu dan stock daun, kemudian diletakkan ke dalam vas kaca berbentuk silender menggunakan air seperempat vasnya. Keempat, kombinasi antara bunga papyrus warna hijau dengan bunga chrisant. Dipajang dalam vas kaca bening berbentuk kubus yang diisi air seperempatnya.

Kelima, bunga bayam dipadukan dengan bunga gladiol dan alasnya dikelilingi bungastock daun yang hijau berbaris. Rangakaian ini menggunakan vas kaca berbentuk balok panjang, diisi sedikit air di bawahnya. Keenam, bunga papyrus yang berbentuk batangan panjang berdiri tegak kehijau-hijaun dipadukan dengan bunga chrisant. Dipamerkan dalam vas kaca bening berbentuk piring besar, sehingga rangkaian bunga tersebut tampak indah dipandang dari luar.

Ketujuh, bunga puma atau pompom dipadukan dengan hiperikum yang berciri khas daun kecil kekuning-kuningan dengan menggunakan vas kaca bening berbentuk silender panjang dengan takaran air seperempat dari vasnya.

”Rangkaian bunga yang menggunakan vas kaca bening dengan aneka bentuk seperti silender panjang, balok, kubus, dan love, inilah kenapa disebut rangkaian bunga kontemporer,” kata Nina. Menurut dia, kelebihan menggunakan vas kaca bening adalah agar bunga dapat terjaga kelembabannya, mudah terkena cahaya, dan suhu dalam vas stabil. ”Dengan vas tersebut rangkaian bunga dapat tahan selama satu minggu.”

Menurut pengusaha bunga ini, agar rangkaian bunga tetap awet dan terjaga keasriannya, perlu dilakukan perawatan secara rutin setiap hari. Misalnya mengganti air dalam vas dengan air mineral bersih tanpa mengandung minyak. Karena kandungan minyak akan membuat bunga cepat layu dan rusak. ”Rangkaian seperti ini sedang ngetren sekarang. Rangkaian tersebut sangat cocok ditempatkan di ruang tamu, kamar tidur, ruang belajar, dan halaman teras rumah,” lanjutnya. Bisa juga dipersembahkan sebagai kado pesta, ulang tahun, atau kado hari Valentine.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s